Home » » Panduan Mematikan Service Yang Tidak Berguna Pada Windows

Panduan Mematikan Service Yang Tidak Berguna Pada Windows



 Di dalam system operasi windows, terdapat banyak sekali service service. Service service tersebut akan terus diaktifkan secara terus menerus tanpa memperdulikan bagaimana kondisi komputer kita. Hal ini justru akan menambah berat komputer dengan spesifikasi minim.

Misalnya komputer kita tidak terhubung dengan jaringan entah itu LAN, internet dan sebagainya artinya komputer kita berdiri sendiri. Namun dalam windows, service yang berhubungan dengan jaringan tetap aktif dan berjalam sehingga RAM / memory yang kita miliki habis secara percuma karena digunakan untuk menjalankan service yang tidak perlu.


Maka, untuk meringankan beban komputer kita, kita perlu mematikan service service yang tidak berguna tersebut. Berikut langkah langkahnya :
  1. Klik menu Start >> Run lalu isikan msconfig kemudian klik OK.

  2. Maka akan keluar jendela "System Configuration Utility", kemudian klik tab service.
  3. Langkah berikutnya adalah pilih service yang akan dimatikan dengan cara menghilangkan tanda check () pada checkbox.

  4. Selanjutnya adalah masuk ke jendela setting service. Caranya adalah klik Start >> Control Panel >> Administrative Tools. Kemudian klikServices.

  5. Langkah berikutnya adalah matikan service yang dirasa tidak perlu caranya adalah dengan klik kanan service yang ingin dimatikan lalu pilih Stop.

    Namun kalau kita memilih stop begitu saja, service tersebut akan dimatikan saat itu juga namun saat komputer di restart atau dihidupkan kembali maka service tersebut akan aktif kembali.

    Untuk menonaktifkan service tersebut seterusnya, setelah memilih stop tadi, klik dua kali pada service yang dimatikan tadi maka akan keluar jendela properties dari servis tersebut. Selanjutnya adalah pilih "Disabled" pada "Startup type:" di bagian tab General.
Dengan mengurangi service yang tidak perlu, berarti kita telah mengurang beban beban yang membuat komputer kita berjalan dengan lambat sehingga komputer kita dapat berjalan lebih cepat.

Berikut adalah pilihan service service yang dapat dimatikan juga sebagai pertimbangan untuk langkah nomer 3 dan 5 diatas.
1. Warning Service alerter
Service ini berfungsi untuk menyampaikan peringatan dari administrator. Jika kita sendiri merupakan administrator atau kita sendiri merasa tidak perlu menerima peringatan ini dari administrator, sebaiknya kita matikan saja service ini.

2. Computer Browser
Service ini berfungsi untuk menjaga dan mengelola daftar komputer yang terdapat dalam suatu network atau jaringan. Jika komputer kita tidak terhubung dalam suatu jaringan atau berdiri sendiri, sebaiknya service ini juga dimatikan saja.

3. Indexing service
Service ini bertugas dalam membuat index dari dokumen dokumen yang kita miliki. Jika anda jarang melakukan pencarian melalui fitur search, sebaiknya matikan saja service ini.

4. Storage space folder
Service ini memungkinkan kita untuk melakukan pertukaran data antar PC dalam sebuah jaringan, Jika komputer kita berdiri sendiri atau tidak terhubung dengan jaringan, service yang satu ini tidak ada gunanya, sebaiknya matikan saja.

5. Error reporting service
Layanan ini hanya berfungsi dalam sebuah jaringan, tugasnya untuk menyampaikan laporan kesalahan dan error dari event protokol jaringan.

6. Server
Jika kita berada dalam satu jaringan, layanan server ini sangat dibutuhkan agar kita dapat berbagi file dan printer. Tetapi jika kita tidak terkoneksi dengan jaringan, sebaiknya service ini dimatikan saja.

7. TCP/IP netbios Helper
Service ini hanya berguna dalam sebuah jaringan, matikan saja jika komputer kita tidak terhubung dalam suatu jaringan.

8. System event notification
Service ini berfungsi untuk mengirimkan berita berupa sebuah jendela pop up dalam sebuah jaringan. Biasanya jaringan ini banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan periklanan untuk mengirimkan iklannya lewat internet. Jadi jika kita tidak membutuhkan service ini sebaiknya matikan saja.

9. Neet meeting remote desktop sharing
Service ini memungkinkan kita dalam mengendalikan komputer lain dalam suatu jaringan baik jaringan lokal ataupun internet. Matikan saja service ini jika komputer kita berdiri sendiri (tidak terkoneksi oleh jaringan.)

10. IPSEC service
Servis ini kita butuhkan jika kita ingin membuat sebuah koneksi terenkripsi dengan sebuah server. Jika tidak berada dalam suatu jaringan baik lokal maupun internet, service ini tidak ada gunanya, sebaiknya matikan saja.

11. Remote registry
Layanan ini memungkinkan kita untuk mengakses registry komputer lain dalam satu jaringan. Jika kita adalah administrator dalam sebuah jaringan maka service ini kita butuhkan untuk mengelola komputer client kita khususnya yang menyangkut masalah registry. Matikan service ini jika komputer kita tidak terhubung dengan suatu jaringan.

12. TELNET
Saat ini layanan telnet sudah jarang digunakan, layanan ini berfungsi untuk mengakses PC lain melalui protokol TELNET. Matikan saja service ini jika kita tidak berada dalam suatu jaringan.

13. Upload manager
Service ini berfungsi untuk memanage file yang akan di upload, Hanya berfungsi dalam sebuah jaringan, matikan saja jika tidak diperlukan.

14. Windows time
Service ini berfungsi untuk meng-sinkronisasikan system waktu atau jam yang terdapat dalam jaringan. Hanya berguna bagi komputer yang terkoneksi oleh suatu system jaringan.

15. Portable media serial number service
Berfungsi untuk memeriksa nomer seri media yang terkoneksi dengan komputer kita. Misal kita mempunyai USB Flashdisk yang kita koneksikan ke PC maka service ini akan memeriksa nomer seri USB Flashdisk tersebut. Service ini tidak banyak berguna, sebaiknya matikan saja.

16. Wireless zero configuration
Service ini berguna untuk mengatur secara otomatis konfigurasi W-LAN adaptor. Jika kita tidak menggunakan W-LAN, service ini tidak kita butuhkan.

17. Distributed Link Tracking Client
Service ini digunakan untuk memonitor hubungan antar NTFS file di dalam komputer sendiri atau jaringan network dengan nama domain. Fungsi service ini hanya dibutuhkan bila seseorang membutuhkan link ke computer lain pada sebuah file.

18. Help and Support
Mendapatkan file support dengan menekan F1 untuk mengaktifkan.

Apakah kita cukup sering melakukan dan membaca file help dari Windows? Matikan saja fitur ini.

19. Net Logon
Service ini untuk mensupport pass-through authentication login akun untuk komputer dalam sebuah domain. Bila kita terhubung dengan network dan sebuah domain, fitur ini diperlukan. Tetapi bila kita hanya mengunakan komputer sendiri saja dan tidak memiliki domain. service ini dapat dimatikan.

20. Network Location Awareness (NLA)
Service ini digunakan untuk mencatat dan menyimpan daftar konfigurasi network serta informasi lokasi. Fungsi ini tidak membantu, dan dapat dimatikan.

21. Network Provisioning Service
Mengatur file konfigurasi XML pada domain dasar untuk jaringan provisioning otomatis. Tidak dibutuhkan untuk komputer rumah dan komputer dengan jaringan sistem sederhana. Fitur dapat dimatikan.

22. Performance Logs and Alerts
Service ini untuk mencatat performa komputer dan kegiatan lain yang dicatat pada sebuah file (Log file). Kita tidak perlu pusing dengan laporan performa sistem Windows kita, matikan karena tidak banyak berguna untuk komputer standalone / berdiri sendiri tanpa jaringan.

23. QoS RSVP
Menyediakan pengiriman sinyal jaringan dan kontrol pada lalu lintas lokal. Fungsi dengan konsep memberikan bandwidth lebih besar bagi kebutuhan aplikasi. Nyatanya fungsi ini tidak terlalu berdampak. Pilihan dapat dimatikan atau tetap digunakan.

24. Security Center
Service ini berfungsi untuk memonitor setingan dan konfigurasi dari system security. Menampilkan Pop Up ketika firewall mengalami down, anti virus telah out of date atau ketika sistem Windows update sengaja kita dimatikan. Bila kita jarang memonitor ke 3 fungsi tersebut, fitur ini dapat dimatikan. Karena fungsi Security center hanya memonitor dan bukannya mencegah maka lebih baik kita mengawasi langsung dari program pengaman yang kita pakai.

25. Themes
Service ini berfungsi untuk menampilkan tema pada komputer kita. Pada versi windows seperti windows Vista dan 7, untuk menampilkan tema banyak memakan RAM. Bila komputer kita hanya memiliki kapasitas RAM yang tidak terlalu besar dan kita tidak mempermasalahkan menggunakan tampilan tema klasik, maka sebaiknya service ini dimatikan saja karena akan banyak mengurangi beban komputer kita.

Itulah sebagian servis yang dapat di non aktifkan sehinga pemakaian memori RAM dapat dihemat, dengan begitu komputer kita akan terasa lebih cepat karena banyak RAM yang tersedia. Tapi ingat, jangan sembarangan mematikan servis secara permanen, untuk penjelasan fungsi dan kegunaan masing masing service, telah banyak blog yang membahasnya.
Semoga bermanfaat

Ditulis Oleh : Unknown ~Aceh Communication

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Panduan Mematikan Service Yang Tidak Berguna Pada Windows yang ditulis oleh Aceh Communication yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 5:49 PM

0 comments:

Copyright © 2014. Aceh Communication - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top