Home » » Tutorial Instalasi Squid Di VPS Untuk Membuat Proxy Anonymous Port 80

Tutorial Instalasi Squid Di VPS Untuk Membuat Proxy Anonymous Port 80

Kali ini saya akan coba membuat tutorial cara membuat proxy di VPS yaitu dengan cara menginstall Squid di VPS itu sendiri sehinggan kita bisa menjadikan IP dari VPS tersebut menjadi proxy yang bisa kita gunakan untuk trik internet gratis.
Di tutorial kali ini, jika ingin mencoba membuat proxy sendiri pastikan anda punya VPS sendiri, karena untuk melakukan instalasi squid ini kita membutuhkan akses root (setingkat admin) via SSH, jadi intinya anda harus punya akun SSH dengan akses root untuk membuat proxy ini.
Dalam tutorial ini saya menggunakan VPS dari ovh.com dengan OS Debian, untuk OS lain tutorialnya pun berbeda pastinya. Kenapa saya menggunakan Debian di bandingkan Centos yang lebih umum di gunakan untuk VPS, alasannya adalah saat saya menggunakan Centos saya sering menjumpai error saat proses penginstalan Squid ini, tetapi setelah saya menggunakan Debian, semuanya berjalan dengan lancar, tetapi jika anda ingin menginstall Squid di Centos, tinggal request saja, nanti insya Allah saya buatkan untuk Centos.
Tutorialnya sudah saya sertakan screenshot agar bisa lebih mudah di pahami dan untuk hasil yang lebih pasti jika anda pernah mencoba untuk instal Squid di VPS anda lebih baik anda lakukan install ulang OS di VPS anda untuk menghindari bentrok dengan instalasi yang baru.
1. Login SSH anda menggunakan Bitivise Tunnelier, lalu pilih “Open New Terminal Console”, lalu akan muncul tampilan terminal atau yang biasa kita kenal dengan cmd.

2. Jika sudah masuk, lakukan update untuk  OS Debian anda, masukan perintah di bawah ini lalu tekan enter.
apt-get update
Proses download dan instalasi update pun akan dimulai secara otomatis, tunggu hingga selesai, sampai tampilannnya seperti ini

3. Sekarang saatnya instal Squid di VPS anda, gunakan perintah di bawah ini untuk instalasi Squid
apt-get install squid3
Jika instalasei berjalan dengan lancar, tampilannya akan seperti SS di bawah ini

4. Sekarang saatnya melakukan konfigurasi Squidnya itu sendiri, sebenarnya bisa saja kita mengedit config squid tersebut melalui terminal atau command prompt, tapi menurut saya itu kurang efektif dan memakan banyak waktu karena config squid bisa di bilang banyak, jadi agak sulit untuk di edit lewat terminal, untuk itu kita edit saja secara manual, caranya bisa di lihat di bawah ini
  • Pilih “Open New SFTP Window” Bitivise, lalu di jendela sebelah kanan, yaitu jendela “remote files” anda klik folder “Up”, lalu masuk ke dalam folder “/etc/squid3″ dan download file squid.conf.
  • Setelah di download lalu buka menggunakan file editor anda, misalnya notepad, lalu ganti semua config tersebut dengan config yang sebelumnya telah saya edit sendiri disini (password:sandoval), agar proxy yang kita gunakan nanti bersifat anonymous dan menggunakan port 80.
  • Setelah itu upload kembali file tersebut ke dalam folder “/etc/squid3″ di dalam jendela “remote files”.
Lakukan hal diatas jika anda ingin melakukan modifikasi terhadap config squid tersebut dan setelah itu restart squid anda agar config barunya dapat di kenali oleh squid, masukan perintah di bawah ini ke terminal.
/etc/init.d/squid3 restart
Setelah itu coba gunakan proxy yang baru anda buat, masukan di browser IP VPS anda dan gunakan port 80, jika masih belum bisa masuk ke situs tujuan berarti masih ada yang belum benar, ulangi lagi langkah diatas, tetapi jika sudah berhasil, selamat 
Untuk fungsi – fungsi dalam config squid tersebut akan saya jelaskan dalam lain kesempatan, sehingga anda bisa berkreasi sendiri untuk membuat tipe proxy anda sendiri sesuai selera. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini 

Ditulis Oleh : beni pnl ~Aceh Communication

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tutorial Instalasi Squid Di VPS Untuk Membuat Proxy Anonymous Port 80 yang ditulis oleh Aceh Communication yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 12:53 AM
Copyright © 2014. Aceh Communication - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top